Saturday 3 October 2015

Sepotong Cerita Manis Dari Dieng Plateau - Mt Prau.

Bismillahirrahmanirrahiim


   huuaah, akhirnya bisa dibuka juga nih blog hihi, gile udah lumutan jamuran gini kasian :)). Bro, jangan pernah lo lupain temen lo disaat apapun, karena lo pasti punya banyak, berjuta juta, milyar milyar cerita manis dibanding cerita pahit, kalau pahit, anggep aja itu obat buat lo sembuh dari penyakit hati lo *ngomong apa an gw*. Salah satunya gw punya cerita manis, buat gw sendiri, check it out :).

  "Kalau misalkan gw keterima jadi CPNS, gw janji bakalan ngajak kalian jalan - jalan ke suatu tempat yang keren!". Celetuk Yusuf (Ucup) salah seorang sahabat gw yang dia lontarkan sewaktu kami asik bermain game PES. dan kemudian...Alhamdulillah, udah beberapa bulan dia berhasil menduduki kursi panas (Gile coy) CPNS sebagai peneliti di LIPI. Do'i sukses menembus tes CPNS yang lumayan susah juga tesnya (katanya sih itu juga, hahaha), yah tapi, jalan rezeki seseorang emang udah tersurat, tapi meski begitu tetep harus ada usaha yang keras untuk mencapai pencapaian tersebut. By The Way, selamat sekali lagi yah bro ucup, we proud of you *kanpai*.

   "ngik ngok" suara notifikasi Multichat dari hape gw berbunyi berkali kali, setelah gw buka...ada yang menarik dari ratusan pesan dunia maya tersebut "gw bakalan kasih tau kalian tempat yang gw janjiin dulu, kita ketemuan di toko Irpan yah, sekalian nyobain patch PES baru, sekalian tanding" tulis Ucup di Multichat. Widih, pucuk dicinta ulam pun tiba nih kata hati gw, gw langsung meluncur cus ke toko Irpan, gak sabar :)). Pas nyampe disana, Ucup udah ada aja, lagi asik ngobrol sama Irpan. "Ini dia destinasi yang bakalan kita tuju" tunjuk dia di salah satu artikel yang dia liatin di laptopnya. Dieng - Mt. Prau, waah ketika gw coba googling tempatnya benar benar wah, Subhanallah, dan satu lagi, tempat itu belum pernah sekalipun gw singgahin, gak ada petualangan yang lebih mengasyikan daripada menginjakan kaki di tempat asik yang belum pernah kita singgahi, buat gw sih gitu hehe. Seharian itu gw, Irpan, sama Ucup sibuk browsing, ngaskus, googling segala sesuatu tentang Dieng & Gunung Prau. Gw gak nyangka kita bakal diajak ke tempat itu, karena awalnya kita cuma berencana maen ke Gunung yang deket kaya Gunung Gede, Pangrango atau Gunung Papandayan karena mau ke Bromo & kawah Ijen terlalu memakan waktu banyak. Akhirnya setelah pusing mengatur jadwal keberangkatan, tiba-tiba ada kabar bahwa ada tambahan satu personil, namanya Tomu, Bro dari Jakarta :D. What a surprise!

     *Jeng jeng*, dan akhirnya hari itu tiba, tepatnya kemaren tanggal 11 September 2015, kita (gw, Irpan, Ucup & Tomu) yang sepakat mau backpackeran dalam rangka ngelunasin nazarnya Ucup, selebrasi keterima CPNS, dan refreshing sih pastinya, berusaha ngeluangin waktu. Posisi gw waktu itu ada di Sukabumi, sedangkan Tomu & Ucup ada di Jakarta, gw berangkat bareng Irpan. Tapi, hampir aja kita ketinggalan kereta, karena harus ngambil peralatan camping buat tomu, untunglah...2 menit sebelum kereta berangkat kita udah nyampe di stasiun, bener bener mepet & seru, kalau ketinggalan udah deh lewat babay hahahaha. Kita naek kereta Pasundan yang trayeknya dari Sukabumi - Bogor. Sepanjang perjalanan gw ama Irpan cerita - cerita cas cis cus, mulai dari bisnis, sampe prihal do'i nervous karena di jodoh-jodohin sama temen - temennya sama seorang akhwat hahaha (gw dukung bro, life's good right).

    Suara pemberhentian kereta pertanda kita telah sampai di stasiun Paledang Bogor membuat kita terbangun dari bunga tidur. Kami pun bergegas untuk beristirahat, shalat dhuhur & makan siang. 1 jam setelah itu, kami berdua langsung meluncur ke jakarta menggunakan kereta Commuter Line (CL), tepatnya ke daerah terminal Pasar Minggu, karena bus kami berangkat darisana. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya Ucup dateng juga, naek Grab Bike saingannya Gojek hahaha. menyusul kemudian tomu dateng samaan naek Grab Bike.

    Oh iyah, 4 sahabat gw ini udah gw anggep saudara sendiri, yang 2 orang (Ucup & Irpan) gw kenal dari jaman SMA, kebetulan 1 sekolahan hehehe, nah yang 1 lagi (Tomu) gw kenal dari Room salah satu Medsoc Chatting jaman jebot, kalau gak salah nama medsocnya "MIG33". Sedikit gambaran tentang mereka, mereka punya kepribadian yang super super berbeda satu sama lain. Ucup orangnya Nerd, doyan mikir nganalisis nganalisis gitu lah, kadang suka sedikit egois, jago komputer, dan lagi pengen pengennya buat nikah (ciyeeee) hahaha. Irpan, orangnya riweuh kalau ada apa apa, pelupa akut tingkat dewa (bayangin 10 menit setelah do'i nyimpen kunci motor sama dompet, do'i bisa lupa & uring uringan nyariin, padahal ntu barang ada di depan muka dia bhahahahaha), dan baik banget orangnya. Tomu adalah seseorang yang mirip IAN 5Cm, do'i punya badan yang super gede mega tera kilo ton ton-an :)), doyan makan mie goreng & mie kuah, dan sekali makan do'i bisa ngabisin 10 bungkus anjir pisan lah ini anak =)), suka nonton bokep, pecinta Manchester United, gamers juga hahaha, sayang palanya gak botak :)). Kurang lebih kaya gitu deh mereka. but, the truth...they are so kind as always :).

*Teeeeeng* Waktu sudah menunjukan jam 5, akhirnya bus mulai berangkat menuju Wonosobo.


Kiri ke kanan: (Ucup, gw, Tomu, Irpan).

   Saran gw, sebelum lo jauh jauh berangkat, mending makan yang kenyang, atau gak makan sama sekali ketika mau berangkat banget, karena kalau lo makan di saat bus berangkat, lo bakalan ngerasain jackpot di dalem bus, prove it guys!, hahaha. sepanjang perjalanan kita cas cis cus, canda candaan, penumpang yang lain tidur, kita malah cekakakan, waktu di rest area, kita mau ditinggal sama bus, karena kita penumpang paling lama rest di rest area hahaha, parah tapi seru. Di sepanjang perjalanan, kita ngeliat banyak hal, dimulai dari kebakaran dimana-mana, padahal itu malem hari & sikon daerah - daerah itu sepi gak ada tempat tinggal sama sekali, kemudian ada lautan lampu neon kiri & kanan yang katanya sih itu adalah alat untuk mengusir hama yang namanya gw lupa lagi -_-. Akhirnya tanpa terasa, kita semua terlelap dengan sendirinya.


   "Hey, kita udah nyampe di alun - alun Wonosobo nih" bisik Ucup pelan membangunkan petualangan kita bertiga di dunia mimpi. Tadinya kita mau turun di alun - alun, tapi lebih baik turun di terminal karena bisa mempersiapkan apa yang masih kurang dari perlengkapan yang sudah direncanakan, selain itu akses untuk istirahat & shalat shubuh pun deket darisitu. hanya berjarak 15 menit-an, akhirnya kita sampai di terminal Wonosobo (Terminal Mendolo) lokasinya deket bersebelahan sama taman makam pahlawan Wirapati. "Gile dingin bangeeeet" kata Tomu yang terbiasa akan udara Jakarta (padahal tiap hari ngantor pake AC hahaha). Di dini hari itu suasana masih sepi, terlihat beberapa pendaki yang hendak mau muncak juga, entah mereka mau naik ke Gunung mana, yang pasti tujuan kita sama satu arah yaitu ke arah Dieng (mungkin, hahaha). Sambil nunggu shubuh tiba, kita berempat ngopi-ngopi sambil ngemil ngemil, tadinya mau tidur ngulet macem iklan permen Ment*s pake Sleeping Bag ahahaha.

(Maklum yah mukanya pada kucel, bangun tidur belum mandi hehehe).
   Adzan akhirnya mulai bersahutan, tanda kita dipanggil untuk menghadap & segera melaksanakan kewajiban. Abis itu Irpan & Tomu pergi ke warung/minimarket terdekat guna melengkapi persediaan perlengkapan yang belum lengkap, sedangkan gw & Ucup standby di terminal menjaga jaga barang. Selang beberapa menit, matahari mulai menampakan aura keelokannya, semburat cahaya keemasan mulai terlihat di angkasa, menambah semakin eksotisnya tempat situasi & kondisi pada waktu itu.

   Namun, hanya beberapa saat saja kita bisa menikmati suasana yang begitu syahdu di pagi hari tersebut, awan tiba - tiba turun dari langit, ini baru pertama kalinya gw alamin, cuaca ini bukan mendung, tapi emang cuaca di daerah ini seperti itu, awan selalu turun ke daerah perkotaan, selidik punya selidik, ternyata Wonosobo ini, khususnya daerah Dieng, termasuk dataran tinggi tertinggi kedua didunia setelah tibet / nepal dan yang terluas juga di pulau jawa, untuk lebih lengkapnya bisa diliat disini: Dieng Plateau. Akhirnya Irpan sama Tomu nongol juga, bagean Ucup yang siap siap...siap siap setor di WC  sama tomu hahaha, takut gak bisa keluar do'i di atas awan anjir :)), apalagi tomu udah siap siap aja bekel tissue basah segudang kwkwkwkw. Setelah semua siap, kita segera bergegas & nunggu bis jurusan terminal ke Dieng. Oh iyah, satu lagi, sebaiknya segala perlengkapan dipersiapkan dengan sebaik baiknya, dicek juga gitu keamanannya sebelum dipake, contoh kemaren; Tomu pinjem tas dari temennya, taunya tasnya somplak dan akhirnya sletingnya dol. Juga alat pelengkap lainnya, karena tongsisnya udah gak ada safety rubbernya, hapenya Ucup terjun bebas meluncur ke aspal, turut berbela sungkawa yah Tomu ama Ucup, semoga next trip kita lebih safety & teliti hihihi. 

   Yak!, setelah menunggu sekitar 30 menit-an akhirnya kita meluncur menuju Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) *pake nada Jebraw Jalan2Men :))*, bus kesana bentuknya mini bus, lebih kecil daripada kopaja atau KWK nya Jakarta, tapi gile men, penuh. Di atap nih penuh sama barang, tas tas, sayur sayur, di dalem ada anak sekolah, ibu ibu ke pasar, ibu petani, kebanyakan sih para pendaki sama pelancong yang mau refreshing ataupun muncak.
(Gile mas mas sebelah gw ampe pingsan gitu, padahal gw udah mandi, wangi pulak pake parfum hahaha :))).
(Tolong abaikan matanya hihihi).
(buset dah, sampe sampe ada yang tidur sambil berdiri gini nih hahaha, mirip tulus yah ahahahaha :))).
   Sepanjang perjalanan gw gak bisa tidur, meskipun gw ngantuk, tapi rasa takjub gw akan tempat ini ngalahin rasa ngantuk gw, dimulai dari cuacanya, terus kehidupan di kotanya, bayangin booor, jam /9 aja, ini kota masih sepi, sepi tapi tanda kutip yah, kedamaian hahaha. Terus udaranya bor adeeem, jadi inget kota Sukabumi waktu gw masih anak anak, gak jauh bedaaa. kiri kanan perkebunan sayur mayur semua, dan gak lupa orang orangnya ramaaaah banget abis gilak super!, sayang gw gak bisa jeprat jepret pemandangan selama gw di perjalanan, soalnya sikonnya gak memungkinkan banget buat ngambil gambar. Setelah gw yang masih tertakjub takjub dengan daerah ini, kita akhirnya sampe di Posko Pendakian Patak Banteng, Patak Banteng adalah salah satu Posko Alur Pendakian ke Gn Prau. Ada 3 Alur Pendakian menuju Gn Prau; 1. Dieng, 2. Patak Banteng, 3. Kalilembu, planning kita berangkat dari Patak Banteng, terus muter turun di Dieng nantinya.

   Pas gw turun dari mini bus, wah gilaaa, gw speechless abis, gw cuma bisa cengar cengir kuda ngeliat lingkungan sekitar, exotic!, more than exotic i think hahaha, lo bayangin, matahari keliatan cuma kaya beberapa meter doang, tapi udara seger banget, adem (bahaya sih sebenernya), terus terus lo dikelilingin oleh gunung gunung yang berlatarkan langit yang super biru, waaaaw!, this place is a little piece of a heaven!. Belum ibu ibu petani yang super duper ramah, anak kecil yang belum ternodai oleh dunia gadget, pure smile, pure logic, I LOVE THIS PLACE!!, and THIS IS INDONESIA :D. Bro, yang dateng kesini gak cuma dari pulau Jawa doang, dari Sumatra ada, dari Sulawesi juga ada, dari Nusa Tenggara ada!. Ini keliatan dari plat nomer motor - motor yang parkir di sekitar pelataran Posko, juga gw gak sengaja denger obrolan para pendaki yang lagi sarapan di warung nasi sekitaran posko. Ada yang ngobrol ambo siko, ada beta katong, lai...dan jumlahnya pun gak satu dua bro, tapi berpuluh puluh, what a crazy backpacker man!, hahahaha ini bener bener pengalaman yang super menyenangkan!. 
(Emang gini nih kalau anak Dragon Ball Z, pengen Fushion aja dimana mana hahahahaha).

   Setelah sampai di posko, kita segera mengurus Simaksi, sambil nunggu perizinan, ada yang langsung molor, sambil duduk pula haha, ada yang ngurus charge charge an gadget, biar bisa save moment selama perjalanan nanti, gw sih mending makan, mumpung ada di tempat ini, gw gak mau nyia nyiain kesempatan nikmatin liburan. Setelah perizinan selesai, kita berempat berencana pergi ke Telaga warna dulu, atau orang - orang disini suka manggil dengan sebutan Telogo Worno, konon katanya ini telaga bisa berubah rubah warna sesuai musimnya, jadi kadang kadang bisa berubah jadi warna biru...ijo...kuning...pink (What?) pelangi juga bisa bor, katanya sih itu juga hehe. Info lengkapnya bisa diliat disini nih kalau penasaran: Telaga Warna (Dieng). Gw kira perjalanan ke telaga warna ini jaraknya deket, taunya lumayan juga, harus ngelewatin lembah lembahan gitu sama bukit bukit, tapi seru juga bor, ngolahraga sekalian ngrefreshing hahaha. Oh iyah, ada satu buah unik dan khas disini, namanya buah Carica. kata penduduk setempat sih, buah carica itu adalah pepaya. Kalau pepaya ditanam di tanah dataran tinggi kaya Dieng nih, keluarnya bakalan jadi Carica, kalau misalkan Carica ditanam di dataran rendah di pedesaan biasa gitu, tumbuhnya bakalan jadi pepaya hahaha, jadi disini nunjukin bahwa faktor cuaca, udara sangat mempengaruhi sebuah pertumbuhan yah bor. Cool.

(Nih pohon Carica, gak jauh beda kan sama pohon Pepaya).

   Selama perjalanan ke Telaga warna, kita bisa nikmatin suasana yang bener bener bisa terapi diri kita sendiri, sebenernya sih, jalur resminya bukan jalur yang sekarang kita lewatin, ada jalur resminya ngikutin jalanan aspal setapak, tapi karena menurut masyarakat setempat, kita bisa motong jalan sama waktu kalau lewat sini, ya udah kita langsung cus ngikutin saran masyarakat setempat, dan menurut gw bener bener 'enak' treknya hahahaha...naek terus brooo. karena kita dateng pas waktu musim kemarau, treknya berubah jadi kering, panas pasir berdebu, jadi nanti kalau mau ngetrip kesini lagi pas musim musim kemarau kaya kemaren, mendingan bawa stok masker, biar aman.

(Treknya coba liat tanjakan yang di sebelah kanan).
(Abaikan backgroundnya yah :p).
(Ucup lagi galau, tenang cup...lo pasti bisa Honey Moon-an sama do'i disini ;) :p ).
(Telaga Warna, dengan penampakan warna hijau).
   Akhirnya, kita nyampe di salah satu bukit tertinggi disitu, darisitu kita bisa jelas ngeliat telaga warna sebebasnya, di bawah pohon cemara, udara sejuk plus udara sepoi sepoi ditambah burung burung yang gak takut sama sekali berinteraksi dengan manusia menambah syahdunya suasana di bukit itu, yang membuat kita berempat terlelap sejenak di dunia mimpi. Tanpa terasa, 1 jam sudah kita terlelap di puncak bukit tersebut, kami berempat seolah tidak mau beranjak dari tempat tersebut karena saking nyamannya, padahal hanya beralaskan tanah sedikit rumput & beratapkan langit biru. Tapi, karena waktu sudah menunjukkan bahwa kita tidak bisa lama lagi bersantai santai, maka kita pun segera bergegas, huaaaa I Love This Place!.

(Ini adalah apa yang lo liat ketika lo pertama kali bangun, peacefull).
   Setelah itu, tadinya kita mau naek ojeg dari tempat wisata ke posko pendakian, karena ternyata...trek yang kita ambil tadi, alurnya muter, keluar keluar malah di pintu masuk resmi telaga warna hahaha, tapi kita mengurungkan niat, karena info tarif ojeg yang kita dapet sama kenyataannya beda drastis, jadi kita memutuskan untuk balik lagi terus menempuh trek yang sama buat balik lagi ke posko. Gak lupa karena di deket loket pintu masuk Telaga Warna ada yang jualan Mie Ongklok, kita nyoba nyicip nih hahaha, enak loh bro...jadi Mie ongklok itu perpaduan antara Mie buatan daerah Dieng sendiri dan ini khas loh...rasanya gak ada di sepanjang gw ngerasain mie goreng atau rebus manapun, sayur - sayuran (timun, kol), kemudian disiram bumbu kacang & Aci (Acinya diproses men...bisa ada aroma ikan ikan lautnya gitu broo), gak ketinggalan ada beberapa tusuk sate, terserah lo...mau milih ada sate daging sapi, ayam sama kambing hahaha,  bener bener sempurna, maknyus kalau kata pak b*ndan :)), gak rugi nih icip icip.
(Yang lo liat kaya kuah itu bukan kuah, itu aci percayalah itu aci!)

   Akhirnya tepat jam /1 siang kita nyampe di posko, setelah bersih bersih dan kembali mempersiapkan muncak, jam /3an lebih kita mulai berangkat, dengan bermodalkan semangat dan bekal seadanya kita terus jalan terus, treknya gak jauh berbeda sama waktu kita menuju ke telaga warna sebelumnya, berdebu dikarenakan kita dateng di bulan kemarau, cuma bedanya tingkat kecuramannya lebih curam sekarang dibanding tadi yang hanya sekedar bukit atau lembah. Oh iyah bro, di daerah gunung ini, gak ada mata air, jadi...lo bisa siapin dari bawah, kemaren sih gw masing masing prepare 1 orang 2 botol gede, cukup sih sampe besoknya turun lagi. Oke, tiba - tiba baru setengah jalan mau nyampe pos 1, Tomu udah tersengal - sengal, nafasnya abis, gw yang posisi paling belakang sebagai penyapu ngasih sinyal ke Ucup sama Irpan biar berhenti. Gw ngerti sih tom cape...perjalanan kali ini mungkin pertama kalinya do'i ngalamin, ditambah postur badannya yang gede plus olahraga yang jarang bahkan gak pernah kali hahahaha, belum lagi sebelumnya tadi lumayan ada latihan naek bukit ke arah telaga warna, jadinya do'i DIE :)). Setelah menunggu beberapa lama, karena sikon gak memungkinkan untuk menunggu Tom, akhirnya kita ngebagi tim jadi dua, tim pertama adalah tim cepat tanggap, dan tim kedua adalah tim nyantai nyantai. Beruntung ada Porter yang siap ngebantu bro Tomu, Semangat bro Tomu! :)). Tim pertama terdiri dari gw sama ucup, karena gw yang bawa tenda dsb, maka gw sama Ucup berangkat duluan dan kita harus nyampe sebelum matahari turun, karena bisa sangat gak mengenakan...sedangkan tim kedua terdiri dari Irpan sama Tomu, karena Irpan sabar nungguin Tomu, dan mereka punya chemistry yang bener bener cocok (kata ucup sih ini juga nyahahahaha) maka mereka jadi tim nyantai nyantai mendaki gunung :D, enjoy pemandangannya broooo :)).
 
(Kurang lebih, ini trek menuju ke Pos 1 bro, masih enak sih).

(Sepanjang perjalanan, lo bisa liat desa Patak Banteng, tempat posko tadi).
(Dan sepanjang perjalanan lo bakalan sering bersentuhan sama awan yang turun brrrr).
   Nyampe juga kita di Pos 1. Nama Pos 1 adalah 'Sikut Dewo'...kenapa dinamain 'Sikut Dewo' karena tikungan daerah pendakian itu menyerupai 'Sikut seorang Dewa' makanya dinamain Sikut Dewo' itu juga kata porter sih hehehe. Di pos 1 kita sengaja nunggu tim 2, sekalian istirahat. tapi, karena yang ditunggu - tunggu gak nongol nongol, akhirnya kita mutusin berangkat lagi naek ke pos 2. Trek dari pos 1 ke pos 2 gak beda jauh jauh amat lah, masih sama kaya kondisi sebelumnya, malah lebih enak, kadang - kadang, di kiri kanan, ada warung nasi atau gorengan gitu, lumayan juga sih...karena banyak pelancong wisatawan pendaki yang lewat gak cuma pendaki biasa, ada juga pendaki..gw sebut aja pendaki cinta yahahahaha, gile pendaki cinta hahaha, bayangin booooor, dari awal naek sampe ke tempat gw ketemu lagi tuh di perjalanan, itu ransel atau keril si cewe yang segede gaban di gembol sama si cowo booor, gile lo liat kan tuh the power of love kwkwkwkwkw, gak tau itu beneran power apa gak tau mau gimana lagi kalau gak gini gw diputusin dalem hatinya bhahahahaha, anjir gw ngakak ini ngetiknya :)))))) (sayang gak gw photo!). Jadi buat gw, mendirikan warung nasi di tempat dan lokasi tengah tengah kaya gini tuh pas, pas banget hahaha. Tapi, bor ada yang juga bikin gw takjub, ada akhwat akhwat, ukhti ukhti muslimah ikut muncak juga broooo, gile...ini nih wanita tangguh cekatan tahan banting. Berhijab syar'i tutupin aurat iyah, gak manja juga iyah (mungkin, tapi setidaknya langka banget nih nyang mau muncak kaya gini hahaha), dan tentunya gak sendirian boor, ini banyakan...kayanya sih akhwat akhwat ukhti ukhti muslimah pecinta alam hihihi, subhanallah dah. Gw tau cup, pas lo liat akhwat akhwat ukhti ukhti bareng gw, lo bayangin siapa hahahahahaha :p. Pas nyampe di pos 2 kita istirahat sebentar, nama pos 2 adalah 'Canggal Walangan', kalau kenapa - kenapanya dinamain kaya gitu gw kurang tau nih hehehe. sambil ngobrol ngobrol sama pendaki lain & porter, kita nunggu tim 2 nih (Tomu & Irpan), hampir 20 menit kita nunggu, untuk kedua kalinya karena gak nongol nongol juga akhirnya kita cabut duluan menuju pos 3. Nah ini dia yang lumayan menantang karena treknya makin curam, kiri kanan jurang, kadar oksigen makin tipis serta tingkat ketebalan debu makin meningkat. Gw sama ucup mulai jalan pelan pelan di trek ini, ngejaga kondisi biar stabil, gak lupa di perjalanan kita juga ketemu pendaki dari Ciamis, gek gek ini anak anaknya, bararodor hahaha, ada yang mirip sule, ada cewenya juga satu, tapi mereka happy selalu selama di perjalanan, yeah, enjoy the life's bro no matter what :). Sedikit terlintas di benak gw & Ucup, ini gimana yah treknya nanti dilewatin Tomu sama Irpan, semoga aja kuat & bisa cepet lewat sebelum matahari turun. Tibalah kita di pos 3, dengan julukan 'Cacingan', kalau menurut porter sih, dinamain 'Cacingan' karena akar akar pepohonan di sekitar pos 3 ini besar besar dan meliuk liuk mirip cacing, makanya dinamain 'Cacingan' hehehe, gw kirain pernah ada wabah apa an gitu cacingan hehehe. Kalau kita dateng gak disaat musim kemarau, golden kaya gini, maka tempat ini adalah ladangnya taman Bunga Daisy, sayang saat itu Bunga Daisy hanya sedikit yang terlihat, padahal Bunga Daisy ini termasuk salah satu misi dari Irpan, sebuah pesan cinta, cinta dalam diam hahahaha, but terakhir dia dapet sih pas waktu pulang, ciyeee irpan ciyeee kwkwkwk. Istirahat sebentar, kita langsung jalan lagi menuju pos 4, pos 4 sendiri adalah puncak gunung sendiri hahaha, cuma makin atas makin pelan kita jalan, stamina udah turun, oksigen makin tipis. Dan tara akhirnya kita nyampe di puncak Gunung Prau, kita segera bergegas nyari tempat camping yang enak & strategis, dan langsung mendirikan tenda, sambil nunggu Irpan sama Tomu dateng.


(Trek 3 sampe puncak kira - kira kaya gini, ujungnya di ujung photo noh ada yg bawa keril biru).
(Sedikit Bunga Daisy yang ada di tempat ini, kebayang kalau bukan musim kemarau hehe).
(Pemandangan dari atas sebelum nyampe puncak, ketutup awan boooor).
(Noh, depan ucup ada contoh salah satu pendaki Cintah hahahahahahaha).
(Di puncaknya nih pas sunset, sayang ketutup awan, jadi awannya yang bersinar hehe).
(jangan fokus ke gw nih, fokus sama akhwat di belakang, bro naek gunung bro, pake rok kwkwkw, gokil).
   Setelah nyantai beberapa saat, akhirnya tim 2, tomu sama Irpan nyampe di puncak, untung aja masih keliatan, padahal matahari udah turun waktu itu. langsung aja kita bikin tenda lagi, setelah siap semuanya, bersih bersih berseka haha, kita istirahat bareng, masak & makan bareng - bareng, Irpan hebat juga nih, dia bisa bikin kompor dadakan dari kaleng Cola atau sejenisnya diisi sama alkohol  tissue, alhasil jadilah kompor kecil - kecilan, hemat & praktis dibawa kemana mana. Sayang kaki gw gak bisa diajak kompromi, setiap gw gerak dikit langsung kram, mau betis, paha, jari hahaha, ditambah lagi hujan kecil tapi yang turun jadi sedikit butiran es yang nempel di tenda, dan sayangnya tenda kita 'telanjang' gak pake baju hihihi. Akhirnya gw lebih memilih tidur, dan temen temen yang lain asik maen UNO, gak lupa kentut beracun si bangke tomu ngeracunin isi tenda waktu itu hahaha, sorry yah bro gw gak bisa ikut maen UNO, hehe. 


   Tepat jam 2.15 dini hari, gw terbangun karena hape gw nyala, disamping itu karena gw pengen kencing juga sih hahahaha, eh kebetulan, ucup juga bangun pengen buang air kecil, akhirnya kita berdua mulai mencari lokasi yang strategis kwkwkw, Ucup sih nyaranin di bawah pohon. Pas udah siap mancer, tiba tiba ada yang nyenterin anjir cewek pula, untung bukan pas di bagian vital, kalau iyah mati udah hahahahaha. setelah tugas buang hajat diselesaikan kita balik lagi ke tenda, gak disangka gw malah gak mau tidur, karena terpesona sama milky way, gugusan bintang sama bintang jatuhnya juga. gw udah jarang banget ngeliat sikon kaya gitu. Terakhir gw liat itu pas di tengah laut, di atas flying deck, cuma ditemenin suara laut & angin. Sambil nikmatin suasana, gw nyokelat sama ucup terus ngobrol ngobrol kerjaan & planning setelahnya mau ngapain. Seharusnya itu jadi ajang sharing sih, tapi Irpan malah milih tidur, tomu apalagi kwkwkw, ditanya huh hah heuh doang, belom lagi dengkuran super doublenya yang aduhay kwkwkwkwkw, narik nafas bersuara, buang nafas juga bersuara kwkwkwkw. Karena waktu itu pagi semakin dingin, akhirnya gw sama ucup milih lanjutin ngobrol sambil nge-sleeping bag...tadinya, eh selang 10 menit, molor juga sih akhirnya hahahaha. Jam /5 kita semua terbangun karena para pendaki lain pada rame, ternyata langit mulai berubah warna, tanda bahwa matahari akan segera muncul kembali. Gw, Ucup, Irpan & Tomu mulai stand by ngeliatin perubahan demi perubahan menjelang matahari terbit (Sunrise). wah Subhanallah, bener bener dah, dari gelap, hitam, biru dongker, ungu, pink, merah, oranye, kuning. Dan gw cuma tercengang menikmati suasana pada saat itu di saat yang lain lebih memilih mengabadikan melalui lensa kamera yang mereka bawa, gw lebih seneng mengabadikan dengan cara gw sendiri. Setelah matahari mulai naek, acara selfie" dimulai hahaha.


(The Golden Sunrise, kata orang, peacefull).
(Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi).


   Selesai mengeksplore suasana yang luar biasa di pagi hari, kita segera bergegas buat sarapan pagi, karena perut udah gak bisa kompromi hehe. Chef Irpan udah siap mau masak Sup katanya, sambil nunggu masakan mateng, ucup cuci mata, tomu maenin musik di hapenya, gw samaan sama ucup bahahahaha. 
(Irpan semangat nih, efek kaos, hahahaha).
   Setelah semua beres, makan udah, beres beres udah, kita siap - siap mau turun, jangan lupa, sampah bekas makanan dibuang di trash bag, trash bag di bawa ke bawah di buang di tempat sampah, dan trash bag nya sendiri lo bawa dari rumah, be kind and kindness will be kind because of your kind...sadaaaap kwkwkwkw. Perjalanan turun pun dimulai, awal awal kita langsung ketemu padang bunga Daisy kering, kemudian setelah itu ketemu bukit teletubies, katanya sih dinamain teletubies karena emang mirip sama bukit di film teletubies haha, tapi gw gak ngeh sih, nonton aja gak pernah, hafal nama namanya doang :)). Abis bukit teletubies kita ketemu savana yang panjang banget, mungkin karena efek musim kemarau tadi, gw jadi ngebayangin, gimana kalau misalkan kita dateng pas bukan musim kemarau, mungkin keindahan dan sensasinya pun bakalan berbeda, tapi musim manapun, tetep kereeeen!, gak ada matinya.

(Savana)
   Setelah kita jalan berkilo kilo, akhirnya kita sampe di tugu puncak Gunung Prau, cukup keren juga sih, karena darisitu kita bener bener bisa ngeliat jelas desa desa di sekitar. Nah, abis darisitu, kita bakal ketemu turunan yang curam banget terus ketemu pertigaan nih, dimana kalau misalkan kita milih jalan ke kiri, maka kita bakalan keluar di posko Kalilembu, tapi...karena tujuan kita ke Dieng, maka kita jalan terus. Patokannya adalah Menara Repeater milik pemerintah Jawa Tengah.

   Dan akhirnya, setelah berhenti beberapa dan beberapa kali hahahaha, akhirnya kita nyampe juga di bawah, kita langsung istirahat di posko Dieng, dan laporan by phone ke posko Patak Banteng. Dan setelah beberapa hari cuma nyentuh air yang berbentuk awan, akhirnya kita nyentuh air dalam bentuk asli juga hahaha, gile dinginnya broooo, air es kalah kali hihihi. Puas beristirahat di posko (gak lupa Irpan sama Tomu ngecengin cewe, ckckck emang ni anak :)) ), akhirnya kita beranjak pulang...tapi, sebelum itu kita melipir lagi ke warung Mie Ongklok depan Posko Dieng, sekalian nyobain Purwaceng hahaha, gila baik gw sama Ucup nyobain Purwaceng campur Susu & Kopi, Irpan coy murni gak pake campuran, gak kurang strong gimana coba hahahaha, tapi...kata Ucup sih, itu purwaceng bukan yang asli, alias abal - abal, soalnya do'i dulu pernah nyobain, rasa sama khasiat yang dia rasain ternyata beda :)). Lagi enjoy enjoynya makan, tiba - tiba Irpan kaget ngeliat Tomu makan Mie goreng 3 porsi dijadiin satu kwkwkw, dasar ada-ada aja. Dan setelah itu, akhirnya kita pulang menuju terminal Wonosobo, ini sopir mini bus kaya sopir kol Sukabumi emang, carimati, padahal jarak pandang sempit banget, karena terhalang sama awan yang turun. Alhamdulillah masih dikasih umur panjang selamat sampe tujuan -_-. Dan Akhirnya, kita pulang pake Travel disitu sampe Jakarta. Di Jakarta kita mulai berpisah, gw sama Irpan ngelanjutin perjalanan ke Sukabumi, dan Ucup sama Tomu langsung mandi ngantor lanjut tidur di ruangan ngahahahaha. And then...thank you so much bro, it will become a best moment in my life. Dan asal lo tau, ini tulisan terpanjang di Blog gw hahaha, worth it :).

(Pemandangan di puncak Gn Prau)

(Nyampe bor, mateng dah mateng hahahaha).

(Kantor Kades/Posko Dieng)

(Ini dia Purwaceng, si cairan pengembali stamina).

(We'll be back, wait us!, someday).

Nb: Friend is a Family who has a different Bloodlife. Jangan pernah lo lupain siapa yang nyiptain ini semua, jangan pernah lo ninggalin ibadah lo, karena sesungguhnya lo, kita semua bakalan balik lagi kepada yang maha menciptakan kita semua, kalau di agama gw...Islam, balik lagi menghadap ke Allah. Sekalipun di gunung susah aer, sikon susah, islam tidak pernah menyusahkan kita untuk beribadah. Sekalipun lo sakit, lo gak bisa gerak, lo lumpuh, lo masih bisa beribadah, lo bisa shalat dengan cara apapun. oke see you on the next words :D :).

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah mau mengunjungi blog saya :)