Sunday 12 February 2012

Pentingnya Self Kontrol (Pengendalian Diri)

Bissmillahirrahmanirrahiim
waduh, gak kerasa nih udah hampir setengah tahun gak nulis nulis di blog haha, oke kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai pengendalian diri. Tau gak sih yang namanya mengendalikan diri itu agak lumayan susah, bahkan mungkin ada yg bilang sangat susah, karena di dalamnya meliputi kesabaran, keikhlasan, lapang dada dan segala hal positif lainnya. Kebayang kan gimana emosinya kita ketika ada orang yang salah berperilaku, ucapan atau kelakuan sama kita, bisa ngamuk lah kita kaca pecah disana sini hahaha, atau kalau yang sensitif bisa aja nangis gak karuan, ngabisin bergulung gulung tissue sampe sampe bergalau ria di jejaring sosial, 'ah gak apa apa kok, saya baik baik saja', ujar salah seorang ketika emosi menguasai dirinya, padahal kenyataannya gak seperti itu, dengan kata lain semakin kita tidak bisa mengendalikan diri, hal hal yang negative pun semakin meningkat, bohong, waktu yang terbuang dengan percuma, dan sebagainya hahaha (jadi inget pengalaman jaman dulu).


'dewasa lah nak' ucap kedua orang tua saya ketika saya berusia 17 tahun, sudah 6 tahun ucapan itu berlalu, namun tetap saja terngiang di telinga. Ketika selepas saya berEmosi, saya selalu menyadari betapa belum dewasanya saya, betapa masih kekanak kanakannya saya, betapa labilnya diri saya, saya malu akan diri saya sendiri, punya aturan hidup 'Always try be the best in everything' seperti itu, apakah hanya kata kata saja, tanpa ada perbuatan, 'BODOH!, jadilah lebih baik dari sebelumnya' bisik hati kecil saya.

Kemarin saya berbincang bincang dengan keluarga saya, saya bercerita mengenai apa yang telah saya alami, saya terlibat perkelahian mulut dengan salah satu karyawan perusahaan swasta, kejadian itu terjadi dikarenakan si karyawan tersebut sedikit melecehkan atau menghina salah satu almamater sekolah saya, dan ucapan ucapan yang sebetulnya tidak usah diucapkan. 'TIDAK USAH KAMU LAYANI, SEBETULNYA ORANG YANG TIDAK BISA MENAHAN HAWA NAFSU, SAMA SAJA SEPERTI ANAK KECIL YANG MENANGIS MERENGEK RENGEK MEMINTA SESUATU', ujar salah satu keluarga saya yang membuat saya semakin ingin memperbaiki diri. Kini saya mengerti seseorang dinilai telah dewasa atau tidaknya adalah melalui PENGENDALIAN DIRI, ketika kita tau bersikap, ketika kita tau bagaimana menghadapi segala situasi, ketika kita selalu berfikir positif, saat itulah kita tau, hidup yang baik itu seperti apa :).


'BILA KITA MENGHARGAI MAKA KITA AKAN BALIK MENGHARGAI', tambah keluargaku yang lain. Semua hal itu tidak jauh dari pengendalian diri, bagaimana bisa kita menghargai orang yang jelas jelas menghina semua tentang kehidupan kita bila kita tidak sanggup mengendalikan diri kita dari hawa nafsu (emosi), memang tidak ada yang mudah untuk meraih suatu hal yang manis, tapi selama kita mau dan terus mau berusaha, maka tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. sekarang saya terus berjalan, berjalan memperbaiki diri, insya allah saya pasti bisa :)
-Do not say it, just do it :) -

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah mau mengunjungi blog saya :)