Tuesday 15 March 2011

sedikit cerita mengenai takdir

bissmillahirrahmanirrahiim

takdir..ya takdir..seringkali orang berucap 'ya mungkin sudah takdir', apakah kita tahu apa sebenarnya arti dari kata takdir tersebut.., di dalam islam
Takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempatnya maupun waktunya. Dengan demikian segala sesuatu yang terjadi tentu ada takdirnya, termasuk manusia (wikipedia).

takdir di dalam kehidupan duniawi identik dengan 3 kriteria, yaitu Rezeki..Jodoh dan Kematian
kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di hari esok..
contoh nyata dari kehidupan saya sendiri..

Dalam hal rezeki..kemarin..lusa..bahkan 1menit yang lalu..saya masih menjadi seseorang yg tidak memiliki pekerjaan, tidak mempunyai uang, diperbincangkan orang2 (walaupun sebenarnya banyak yang memberi support n do'a) 'eh kok anak ini udah lulus kuliah malah diem diem aja yah,berarti kurang bener tuh,pemalas', sering terdengar suara suara sumbang yang melintas di sekitar lingkungan. tanpa disadari ucapan ucapan kecil seperti itu sudah menjadi sebuah negative thinking atau su'udzon. Lanjut ke topik..tetapi 1 menit kemudian panggilan kerja datang darimana mana..seperti air yang ditampung luber terbuang kemana mana..yah itulah gambaran takdir dalam hal rezeki bagi diri saya sendiri..kenapa kita stress ketika kita tidak memiliki pekerjaan..padahal prilaku stress itu sm dengan tidak bisa menikmati sebuah keadaan.., biarkan mengalir seperti adanya..kita boleh sedih tp jgn berlarut2..sebaliknya..kita boleh seneng tapi jangan berlarut2..santai saja (pesan untuk diri saya sendiri)

dalam hal jodoh ,yah saya sudah mengalami berbagai hal mengenai hal ini..mulai ditembak sm adik kelas -_-" ,kemudian ditolak mentah2..dsb..sampai2 saya janji pada seseorang karya allah swt plg indah untuk mempersuntingnya kelak..saat ini tidak ada komunikasi yang pasti antara saya dan para kaum hawa..semua berjalan dengan baik dalam segi silaturahmi..saat ini mungkin lebih baik begitu..karena belum saatnya...belum saatnya untuk beranjak terlalu jauh..ada saatnya nanti..ketika jarak yg jauh didekatkan dalam hal yg tidak diduga duga..ada saatnya..smua ada saatnya..1menit yg lalu bisa saja saya berada di ujung dunia dan jodoh saya berada di ujung dunia yg satunya lagi..tetapi tidak menutup kemungkinan 1menit kemudian saya dan jodoh saya saling bertemu dsb..karena tidak ada yang tidak mungkin untuk ALLAH SWT..nikmati saja hidup dan waktumu selagi anda bisa ^^ (pesan untuk diri saya sendiri)

dalam hal kematian, sampai sekarang jujur dari lubuk hati saya yang plg dalam..saya masih bersedih mengingat alm mama..padahal seharusnya tidak boleh begitu..beliau sudah bahagia di alam sana, yg menjadi kewajiban saya saat ini adalah mendo'akan beliau..selalu dalam lindungan allah swt..amiin, tetapi..1menit yang lalu saya sedang menulis blog ini..tetapi 1 menit kemudian bisa saja saya terkena serangan jantung tanpa ada alasan yang jelas..bisa saja..tidak ada yang tidak mungkin bagi ALLAH SWT..intinya nikmati dan selalu bersyukur hehehe (pesan untuk diri saya sendiri)

tapi taukah kamu apabila takdir itu bisa dirubah..pengetahuan tentang ini sebetulnya telah tercantum di dalam ayat al qur'an :
'Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia (Ar Ra'd / QS. 13:11)'

adapun maksud ayat di atas adalah jika anda hanya percaya takdir itu sudah toook takdir begitu tidak ada yg bisa dirubah..anda salah
buat apa kita berdo'a..buat apa kita meminta kepada ALLAH SWT..,sama seperti ketika kita meminta (contoh) dibelikan handphone kepada ayah kita..kita merengek rengek 'ayo dong yah belikan hape..ayo dong', pada awal awalnya mungkin ayah kita melihat situasi dan kondisi kita..apakah sudah saatnya kita menerima hape..apa gunanya untuk kita..sudah cocok kah sesuai dengan umur kita..apakah kita bisa menjaga barang, dsb yg menjadi pertimbangan bagi ayah kita, tetapi bila kita merengek trus menerus..ayah pun akan melihat kesungguhan kita..dan dengan sangat hati2..beliau mempercayakan kita untuk memakai dan mengoprasikan HandPhone tersebut.., sama seperti itu..bila kita terus berusaha dan berdo'a kepada ALLAH SWT tanpa mengenal lelah..ALLAH SWT akan melihat rengekan, permintaan kita yg sungguh2..dan dengan segala pertimbangan nya..ALLAH SWT memberikan kita yg terbaik..selalu yg terbaik :) *thanks to om Iis* ,insya allah..jus believe it !

yah mungkin hanya ini yang bisa saya tulis..ini hanya sekedar uneg2 dari hati saya..hehehe,smoga ada manfaat yang berarti bagi yg membacanya..amiin.. :)

2 comments:

  1. ^^
    suda dibaca

    sedikit mengena xixixi
    tapi yaa nikmati ajah, manusia cm bisa berusaha n berdoa sisa na biar allah yg menyelesaikan^^

    ReplyDelete
  2. betul sekali :)

    terima kasih..^^

    ReplyDelete

terima kasih sudah mau mengunjungi blog saya :)